Indonesia Ngobrol, Ngobrol Indonesia

Post Page Advertisement [Top]

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menilai pihak-pihak yang ingin mengubah bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai orang-orang yang pikirannya keliru atau "keblinger".

Ditemui usai membuka acara Rembug Nasional dan Rakernas Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) di Jakarta, Jumat, Said Aqil menyatakan, bentuk NKRI dipilih para pendiri bangsa, termasuk para ulama, melalui pemikiran dan pertimbangan yang matang.

"Anak kemarin sore kok mau mengubah hasil pendiri bangsa," kata Said Aqil menanggapi adanya kelompok yang ingin menghidupkan kembali cita-cita Negara Islam Indonesia (NII). Dikatakannya, bagi NU, bentuk NKRI sudah final. Indonesia bukan negara agama, melainkan negara damai (darussalam).

Menurut dia, pihak-pihak yang ingin memaksakan berdirinya negara Islam di Indonesia justru tidak memahami sejarah Islam. "Nabi Muhammad SAW tidak pernah memproklamasikan negara Islam," katanya.

Said Aqil juga menilai keinginan mendirikan negara Islam atau memformalkan Islam di Indonesia lebih didasari kepentingan sesaat.

 

4 comments:

  1. Memang Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengakatakan' ini adalah negara islam' ato kalimat yang sejenisnya. kalo begitu NABI SAW apakah juga memploklamirkan sebuah negara?
    katakanlah Nabi tidak memproklamirkan negara islam. tetapi bukankah HUKUM ISLAM di laksanakan pada MASA NABI SAW?

    sementara ini, dulu dan saya tutup dengan kalimat
    'NABI SAW saja tidak pernah tahlilan 7 hari, 40 hari, dst. Mengapa kalian tahlilan?'
    Monggo di jawab

    ReplyDelete
  2. janganlah menghakimi bahwa suatu kaum itu salah, belum tentu kepercayaan yg anda yakini tsb sdh benar" benar.
    " lakum diinukum waliyadin" ajja...

    ReplyDelete
  3. .......السّلم عليكم يا اخي
    syukran...atas penjelasannya ana lagi cari jawaban seperti yang admin paparkan.
    saya setuju negara Indonesia bangkit oleh para pahlawan diantaranya para ulama. negara indonesia bukan negara islam karena Indonesia mempunyai berbagai suku masyarakat. kenapa ulama indonesia pada waktu tidak gigih dan giat menjadikan negara Indonesia menjadi agama islam. karena ulama terdahulu tahu dan faham arti Islam sebagai agama rahmat al-amin.
    lihat makna panca sila..maknanya serupa dengan Rukun Islam.

    adapun orang yang ingin menjadikan negara Indonesia menjadi negara Islam dengan menggunakan syari'at Islam itu perlu waktu yang panjang. dan itu akan mengkibatkan negara indonesia terpecah belah.

    ReplyDelete
  4. waduh, kayaknya nabinya bukan Muhammad lagi, kapan ganti nabinya,?

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]