PP LTM NU Akan adakan Rapimnas Secara Regional


Kudus, NU Online
Dalam rangka konsolidasi kelembagaan, PP Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM-NU) mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) secara regional. Pelaksanaan Rapimnas direncanakan berlangsung mulai Maret-Juli di 17 wilayah seluruh Indonesia.

Ketua PP LTMNU KH Abdul Manan mengatakan Rapimnas dimaksudkan menyatukan dan menguatkan peran dan fungsi lembaga di tingkat pusat, wilayah dan cabang di seluruh Indonesia. Selain itu, menumbuhkembangkan semangat dan kinerja pengurus LTMNU dalam memakmurkan masjid binaan Nahdlatul Ulama.

"Melalui Rapimnas akan terjalin hubungan kelembagaan Ta'mir Masjid NU yang solid baik secara kultural maupun structural antara pusat dan daerah sehingga terlaksana program kerjanya ke depan," katanya saat pertemuan dengan pengurus LTMNU se karesidenan Pati di Kantor NU Kudus, Selasa ( 3/4).

KH Abdul Manan menuturkan sebelum Rapimnas LTMNU mengawalinya kunjungan (road show) kepada pengurus Cabang NU di seluruh Indonesia. Dari hasil kunjungannya, sebagian besar PWNU dan PCNU belum memiliki struktur lembaga yang secara khusus menangani urusan kemasjidan.

"Rapimnas nanti untuk konsolidasi kelembagaan dan revitalisasi peran masjid di seluruh Indonesia termasuk menjawab problem kemasjidan." jelasnya.

Terkait diselenggarakan secara regional, KH Abdul manan menjelaskan pelaksanaan tersebut hanya untuk efektifitas peserta agar focus membahas program kerja dan revitalisasi masjid.

"Rapimnas yang sudah digelar di Banda Aceh dan Bogor, sementara Region Jawa Tengah dan Yogyakarta akan berlangsung 28-29 April mendatang di Yogyakarta," tambahnya.

Wakil ketua PP LTMNU Agus Wustho menambahkan setiap pengurus cabang NU diharapkan mengirimkan peserta rapimnas 5 orang dari unsur Rais Syuriyah, Ketua dan Sekretaris PCNU serta ketua dan sekretaris LTMNU.

"Selain itu membawa SK Pengurus, data base masjid dan badan usaha koperasi milik NU," terangnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kudus KH Chusnan Ms mengharapkan hasil Rapimnas yang diselenggarakan secara regional nanti agar ditetapkan menjadi keputusan nasional sebagai petunjuk pelaksanaan cabang menata dana memakmurkan masjid di daerah.

"Dengan demikian, antara satu daerah dengan daerah lainnya tidak ada perbedaan administratif maupun programnya." pintanya.

Pada pertemuan Pra Rapimnas di Kudus itu, PP LTMNU yang hadir KH Abdul Manan (Ketua), Agus Wustho (Wakil ketua) dan Sekretaris PP LPNU Muhammad Suaidy, sedangkan pengurus cabang LTMNU hanya Kudus, Pati dan Jepara.


EmoticonEmoticon