PB PMII Gelar Pelatnas Kader Penggerak Dakwah Kampus se-Indonesia


Serang, NU Online
Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Pelatihan Nasional Kader Penggerak Dakwah Kampus yang diselenggarakan PB PMII bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sultan Agung Tirtayasa, di Serang, Banten, Ahad (1/7) kemarin.

Ketua Bidang Keagamaan PB PMII Abdul Aziz mengatakan, PMII mengajak para da’i untuk menda’wahkan kedamaian dan pentingnya akhlaqul karimah. PMII menyerukan para da’i tidak hanya berdakwah dengan lisan, tetapi juga dakwah sikap.

“Penguatan spiritual dan moralitas sangat penting. Banyak problem bangsa terjadi karena dekadensi moral,” ujarnya di sela pelatihan tersebut.

Dalam berdakwah, sambung Abdul Aziz, PMII siap menjadi garda terdepan mendakwahkan nilai nilai Aswaja dan keindonesiaan. “PMII tetap menerima modernitas, tetapi kader PMII juga harus menjaga nilai-nilai Islam yang sesuai dengan tradisi lokal,” imbuhnya.

Sementara Ketua Pelaksana Pelatihan Kader Penggerak Dakwah Kampus, Ahmad Miftahul Karomah mengungkapkan, pelatihan tersebut sengaja digelar di Banten untuk menghormati genealogi Syekh Nawawi Al-Bantani, yang merupakan ulama ternama dunia, yang berasal dari Banten.

“Tradisi Islam Indonesia merupakan keberhasilan Walisongo dan para ulama lampau dalam menyebarkan dakwah yang damai. Termasuk di dalamnya adalah Syekh Nawawi. Kita harus ikuti jejak beliau,” kata Ahmad.

Pelatihan bertema menggerakkan Nilai-nilai Islam Indonesia ini berlangsung dari Kamis (28/6) hingga Senin (2/7). Pembukaan dan stadium general dilaksanakan di auditorium Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kemudian pelatihan dilaksanakan di Pondok Pesantren Bismillah, Ciomas, Kabupaten Serang. Pelatihan ini diikuti delegasi 38 kampus di seluruh Indonesia.


EmoticonEmoticon