PBNU Mantapkan Persiapan Konferensi Besar NU 2012 di Cirebon


JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memantapkan persiapan pelaksanaan Muasyarawah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Cirebon, Jawa Barat, 14-17 Septermber 2012 mendatang. Kamis (9/8) tadi malam, usai shalat tarawih, Ketua Umum PBNU mengadakan rapat khusus bersama pengurus harian tanfidziyah dan panitia nasional Munas-Konbes.

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat lantai 5 kantor PBNU, Jakarta, antara lain menyepakati distribusi peran untuk wakil-wakil ketua panitia, dan beberapa sekretaris panitia. Masing-masing wakil ketua dan sekretaris akan memantau perkembangan persiapan yang dilakukan oleh tim materi-dan seksi-seksi khusus, sementara secara umum kesiapan dipantau oleh Ketua Panitia H Dedi Wahidi dan Sekretaris Umum Dr H Syahrizal Syarif.

Dilaporkan bahwa dari enam tim materi yang ada yang terdiri dari 3 tim materi Munas yakni bahtsul masail diniyyah waqi’iyyah, bahtsul masail diniyyah maudluiyyah, bahtsul masail diniyyah qonuniyyah, dan tim materi Konbes yakni komisi program, komisi rekomendasi dan komisi rekomendasi, sudah hampir menyelesaikan draf materi yang akan dibahas dalam Munas dan Konbes.

Sekretaris Panitia Dr H Syahrizal Syarif dalam kesempatan itu melaporkan, semua seksi dalam kepanitiaan juga telah melaporkan berbagai agenda pra dan saat pelaksanaan Munas dan Konbes, dan sebagian telah dikerjakan.

Ditambahkan, panitia nasional telah dua kali mengadakan survei ke lokasi Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, serta mengadakan rapat gabungan dengan panitia daerah dan persiapan sudah cukup matang.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang memimpin rapat persiapan itu menyampaikan, beberapa agenda pra Munas dan Konbes antara lain, peletakan batu pertama pembangunan Masjid di lantai dasar kantor PBNU, Pelantikan Pengurus Pusat Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz, serta acara buka bersama yang dihadiri delegasi manca negara.

Pada Jum’at siang ini, seperti dilaporkan Ketua Lembaga Bantuan Hukum PBNU Andi Najmi, juga akan dilakukan peluncuran Klinik Hukum di halaman kantor PBNU. Peluncuran klinik ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Pra Munas dan Konbes NU. Sumber: NU Online


EmoticonEmoticon