Bupati Way Kanan Minta GP Ansor Pimpin Upacara Sumpah Pemuda


Bupati Way Kanan, Lampung, Bustami Zainudin memberi kepercayaan kepada Gerakan Pemuda Ansor Way Kanan untuk menjadi komandan upacara (Dan Up) dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan digelar pada Selasa (28/10).

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Bustami di hadapan sejumlah pejabat, termasuk Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan yang juga Ketua DPD KNPI setempat, Raden Adipati Surya yang secara langsung juga diminta menjadi inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda.

Berkaitan dengan itu, Kasubag Protokol Pemkab Way Kanan, Taufik Hidayatno, Ahad (26/10) meminta pemuda Nahdlatul Ulama (NU) di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, itu untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan keinginan bupati.



Sejumlah ulama setempat menilai, GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan yang rutin dan aktif dalam hal pembinaan generasi muda di Way Kanan wajar mendapat apresiasi. Sehingga tidak berlebihan jika Bupati Bustami Zainudin yang juga Ketua Mustasyar PC NU Way Kanan memberikan amanah kader Ansor untuk menjadi Dan-Up Sumpah Pemuda.

Sebelumnya, penilaian positif kepada GP Ansor Way Kanan juga disampaikan Manager Counter Trafficking International Organization for Migration (IOM) Indonesia Nurul Qoiriah dan pimpinan Justice Peace Integrity of Creation (JPIC) FSGM Sr M Katarina Sri Juwarni .

Nurul yang sekitar tahun 1990-an aktif di Fatayat NU Semarang, Jawa Tengah, itu menilai, Ansor Way Kanan bisa diterima masyarakat dan pemerintah. "Ini luar biasa, karena kadang kita kerja sama dengan LSM bagus di masyarakat tapi kontra dengan pemerintah. Ansor Way Kanan kami lihat tidak seperti itu. Faktanya, pada acara pembukaan kegiatan 'Mempromosikan Migrasi Aman, Mencegah Terjadinya Perdagangan Orang di Indonesia' di Way Kanan Kamis (9/10), Bupati Bustami Zainudin dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah juga hadir," kata Nurul saat itu.

Menanggapi sejumlah apresiasi tersebut, Ketua GP Ansor Way Kanan periode 2014-2018 Gatot Arifianto yang terpilih secara aklamasi pada Selasa (7/10/2014) mengatakan bahwa kepercayaan dan penilaian tersebut jangan membuat terlena, namun harus menjadi pemacu semangat untuk terus berkreasi tanpa mengabaikan visi misi GP Ansor di "Bumi Petani" Way Kanan.

"Saya mengajak seluruh sahabat Ansor di Way Kanan untuk berkarya, berkarya dan berkarya. Ada kata 'gerakan' di depan nama organisasi pemuda yang dilahirkan dari rahim NU ini. Insya Allah dengan gerakan-gerakan yang diharapkan berdampak positif bagi hidup dan kehidupan, ada berkah lebih dari materi yang nantinya diterima," ujar Gatot yang memiliki gelar adat Lampung Ratu Ulangan itu.

Terkait permintaan Bupati Bustami Zainudin, Gatot yang sebelumnya mendapat amanah sebagai Wakil Kepala Satuan Koordinator Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setempat menegaskan, sejumlah anggota Banser dari Satkoryon Pakuanratu dan Blambangan Umpu siap menerima mandat dan kehormatan tersebut.


EmoticonEmoticon