Empat Kondisi Kehidupan Manusia dan Cara Menyikapinya


Pringsewu, Kehidupan manusia mengalami pasang surut. Berbagai permasalahan hidup silih berganti mewarnai perjalanan kehidupan di dunia. Dari dinamika tersebut setidaknya ada 4 hal yang selalu dialami dalam kehidupan manusia. Dan ketika manusia mengalami hal tersebut ada cara bijak yang harus dilakukan sehingga dapat menjalaninya dengan baik.

Empat hal tersebut di ingatkan oleh Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin atau akrab disapa Gus Ishom dalam akun media sosialnya, Ahad (29/11/15) lalu. "Hidup manusia berkisar pada empat hal," begitu Ulama muda asal Pringsewu Lampung tersebut mengawali pernyataannya.

Yang pertama, menurutnya adalah jika kita masih berada dalam kondisi taat maka seyogyanya kita terus mempertahankan dan melanjutkan kondisi tersebut. "Adakalanya berada dalam ketaatan, maka harus terus menerus dilanjutkan," tulisnya.

Yang kedua, jika kita berada dalam kemaksiatan, maka kita haruslah banyak beristighfar sebagai cara untuk memohon ampun atas segala kesalahan dan dosa kita.

Yang ketiga, manakala dalam kehidupan ini kita memperoleh kenikmatan, maka kita harus menyukuri nikmat tersebut. “Dan yang terakhir adalah manakala kita mendapatkan dan merasakan bencana atau musibah dalam kehidupan ini maka seharusnya kita bersabar dalam menghadapinya,” tutupnya. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: NU Online


EmoticonEmoticon