4 Fakta Seputar Al Quran Super Mini dari Polewali Mandar



Tidak salah jika yang banyak memprediksi, Indonesia akan menjadi salah satu kiblat perkembangan khazanah keislaman dunia. Bumi Nusantara yang menikmati cahaya iman sejak abad 11 ini tidak kurang melahirkan banyak ulama dan pemimpin bijak yang patut diteladani. Juga terbitnya ribuan kitab-kitab agama yang menjadi rujukan dunia muslim. Salah satunya, yang sekarang sedang heboh adalah mahakarya dari seorang tokoh Islam dari Polewali Mandar, berupa Alquran 30 Juz yang berukuran sangat kecil, hanya seukuran sepertiga telapak tangan orang dewasa.
Berikut adalah fakta-fakta terkait alquran berukuran super mini ini:

1. Meskipun kecil, mushaf ini komplit 30 Juz

Meskipun berukuran sangat kecil, sekitar 2 x 3 cm, mushaf dari polewali mandar ini sudah komplit 30 juz, memuat 114 surah seperti mushaf lain yang beredar. Hanya ukurannya yang sangat kecil, sehingga butuh ketelitian dalam membaca dan merawatnya.

2. Sudah Berumur 3 Abad

Mushaf super kecil ini setidaknya sudah berumur 3 abad lebih, karena dibuat sekitar abad 18 Masehi. Mushaf ini dimiliki oleh Ulama tanah Mandar dengan julukan Tuang Langarang atau Datok Salama (Tok Salama). Mushaf ini pun menjadi warisan turun-temurun bagi para keturunan Tuang Langaran sampai sekarang.

3. Ditulis dengan Tangan dan Tinta Emas

Seperti kebanyakan mushaf yang beredar sebelum abad 20, Mushaf asli dari Mandar ini ditulis dengan tangan. Penulisannya pun menggunakan tinta emas. Dan dapat dipastikan, tingkat kesulitannya pasti sangatlah sulit, karena harus menulis dalam luasan kerja yang hanya 2 x 3 cm persegi!

4. Dipamerkan Saat Ramadhan

Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, mushaf ini pun hanya dipamerkan pada saat bulan ramadhan di tanah Mandar, wabilkhusus pada hari-hari Nuzulul Quran tanggal 17 Ramadhan. Tahun ini, mushaf ini pun akan dipamerkan di Mandar oleh pewarisnya, Asrul.


EmoticonEmoticon