Tips Meninggalkan Motor untuk Mudik, Apa saja?


Mudik lebaran sebentar lagi. Tahun 2018 ini, libur lebaran cukup lama, dimulai dari cuti bersama tanggal 11 sampai dengan tanggal 20 Juni 2018 nanti. Itupun bisa lagi bertambah karena sebelum tanggal 11, tanggal 9 dan 10 (sabtu minggu) sebelum cuti bersama, bisa jadi waktu memulai mudik.

Bagi yang ingin mudik dan meninggalkan Rumah dan Kendaraan untuk ditinggal berhari-hari, silakan ikuti tips berikut. Khususnya bagi kalian yang ingin meninggalkan motor kalian.


1. Standar Ganda, jangan standar samping Motor kalian


Standar samping, sebetulnya tidak terlalu aman. Jika saat ditinggal, tiba-tiba ada goncangan atau gempa dengan skala cukup berat, bisa jadi motor kalian yang kalian tinggal akan jatuh. Jadi, lebih aman gunakan standar ganda, biar kokoh.

Selain itu, menggunakan standar samping akan membuat posisi ban motor tidak seimbang selama waktu yang cukup lama, beresiko membuat ban menjadi Kempes.

2. Cabut Aki


Cabut kabel aki yang menghubungkan aki dengan komponen kelistrikan lain. Manfaatnya, selain menghindari dari ke-soak-an Aki, keamanan motor juga terjamin, karena terhindar dari bahaya kebakaran karena korsleting.

Jika tidak memungkinkan mencabut aki, silakan matikan aksesoris yang membutuhkan catu daya listrik. Aksesoris tambahan seperti lampu-lampu, amplifier dll, dicabut dulu biar tidak membuat aki soak.

3. Kunci Gembok


Tentu saja mengunci motor adalah hal yang harus dilakukan. Bawa kunci motor tersebut ke kampung halaman. Nah, untuk lebih mengamankan lagi silakan gunakan kunci tambahan pada motor seperti Kunci Gembok atau kunci Cakram.

Usahakan, bukan kunci yang membutuhkan aliran listrik, sehingga tidak membuat aki soak karena terpakai cukup lama.



EmoticonEmoticon