Bisakah Tanaman Porang Tumbuh Besar Sebelum Musim Hujan?


Pertanyaan yang sering ditanyakan kepada para petani Porang yang telah sukses adalah bagaimana budidaya Porang yang tergantung sekali dengan keberlangsungan musim hujan.

Lalu bagaimana dengan kondisi saat ini jika posisi musim penghujan yang mundur? Sampai pada Desember 2019, hujan belum turun reguler. Nah, tentu ini akan sangat mengurangi potensi tumbuh bibit tanaman Porang.


Solusinya bagaimana? Mudah saja sebenarnya. Memberikan asupan air pada tanaman porang secara reguler dengan penyiraman reguler. Tentunya jika anda telah melakukan pembudidayaan Porang ini dengan serius, harus menghitung kembali Cost atau Dana yang diperlukan untuk melakukan penyiraman teratur ke tanaman.

Paling efektif penyiraman ini dilakukan jika lahan budidaya Porang ini didaerah pekarangan maupun daerah yang sangat tersedia air cukup untuk dilakukan penyiraman.

Dengan proses penanaman dan penyiraman yang mendahului dari musim, berarti juga anda mendapati pemanenan umbi porang yang juga mendahului dari musim panen Porang.

Lebih lengkap silakan saksikan video dari sang master Porang Indonesia, bapak Paidi:


Latest


EmoticonEmoticon