NU Gelar Ruwatan di Lereng Gunung Semeru


 Tim NU Peduli Semeru yang terdiri dari beberapa unsur NU di sekitar Gunung Semeru, menggelar acara Ruwatan Alam yang dilaksanakan pasca masa tanggap bencana semeru berakhir. Acara di daerah alisan sungai Kebondeli, Kampung Renteng desa Sumberwuluh, Candipuro Lumajang ini dipimpin oleh Ketua PCNU Lumajang, Gus Muhammad Mas'ud.

Gus Muhammad Mas’ud, ruwatan tersebut adalah merawat alam, khususnya gunung Semeru agar tidak menimbulkan bencana, bahkan sebaliknya memberikan manfaat bagi masyarakat. Merawat alam dengan istighotsah, pembacaan yasin, tahlil, dan sebagainya. Di sela-sela acara itu juga dilakukan pemberian santunan untuk anak yatim dan pembagian ratusan paket sembako secara simbolis kepada duafa dan warga terdekat.

Koordinator Tim NU Peduli Semeru, AM. Ridwan menegaskan bahwa sejak lama ruwatan gunung Semeru biasa dilakukan oleh masyarakat setiap Jumat legi. Namun sejak tahun 1981, ruwatan itu sudah tidak ada. Oleh karena itu, lanjutnya, Tim NU Peduli Semeru mengawali ruwatan alam (gunung Semeru) agar ke depan acara tersebut bisa dihidupkan lagi menjadi tradisi. “Kan tidak ada salahnya kita berdoa kepada Allah bersama-sama, dan makan bersama, dan juga ada sedekah untuk masyarakat sekitar,” jelas Ridwan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan LPBINU Lumajang, Bagana, LAZISNU, Muslimat NU, Fatayat NU, Ranting NU Sumberwuluh, MWCNU Candipuro, Pronojiwo, Pasrujambe, Pasirian, MWCNU Tempeh, serta warga sekitar.


Sumber: NU Online


EmoticonEmoticon