Cara Menumbuhkan Tanaman Yucca


Yucca adalah tanaman yang tergolong tanaman perdu dan tumbuh banyak diarea kering dan panas di amerika utara dan tengah, hingga kini mulai tersebar di seluruh dunia. Beberapa jenis dari Yucca memang ditumbuhkan di luar rumah dan di dalam rumah. Jenis dari tanaman yucca yang paling populer saat ini adalah Yucca Elephantipes atau Yucca Gigantea.

 


Beberapa keuntungan dari tanaman Yucca antara lain:

  • mudah tumbuh,
  • mudah dirawat,
  • umur cukup lama
  • tahan berada di tempat yang diterangi sinar matahari,

Tempat Tumbuh Yucca

Yucca seperti diungkapkan diatas, adalah tanaman yang sangat adaptif. Sebaiknya dia ditaruh dilokasi yang hangat, tidak pernah dingin lebih rendah dari 7 C. Tempatnya juga diusahakan mendapat sinar matahari secara langsung.

Media Tanam Yucca

Media tanam yang baik untuk yucca adalah kompos tanah dengan campuran pasir dan batu-batu kecil untuk memperlancar sirkulasi air. Yang paling penting, tanaman ini harus mengalami proses pergantian pot setiap dua atau tiga tahun sekali, tergantung baik buruknya media tanam.

Pot yang digunakan untuk menanam yucca juga diusahakan pot dengan kualitas baik dan cukup keras, karena tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi dan besar.

Perawatan Tanaman Yucca

Tanaman yucca akan mudah mati jika terlalu banyak atau terlalu sering di siram. Pupuk yang dibutuhkan juga bisa ditambakan dalam setiap bulannya. Bisa dalam bentuk cair ataupun padat.

Perawatan lain yang harus dilakukan adalah mengelap daun dari debu. Selain itu perawatan khusus lain jika sudah cukup besar, silakan dipotong batang dari tanaman ini sesuai tinggi yang diinginkan.

Ciri Kerusakan Tanaman Yucca

berikut adalah ciri-ciri warna daun atau batang yang menunjukkan kerusakan dari tanaman yucca dan cara mengatasinya:

  • daun menguning, sebenarnya normal khususnya di area daun paling bawah. Jika sudah waktunya mati, daun akan jatuh dengan sendirinya dan membuat tanaman Yucca ini tumbuh tinggi seperti sebuah tanaman Palem. Jika menguning di area selain bawah, bisa besar kemungkinan tanaman kurang disiram atau terlalu sering disiram
  • bintik hitam atau kecoklatan pada daun biasanya disebabkan olek bakteri dan jamur, bisa diatasi dengan semprotan fungisida
  • daun berubah coklat karena kurang disiram, bisa langsung dipotong saja karena nanti bisa tumbuh lagi
  • daun mudah rontok, biasanya karena kurang disiram
  • daun yang pucat, biasanya karena tumbuh tanpa sinar matahari penuh atau berada dibawah/dibelakang benda yang membayangi,
  • akar yang busuk, biasanya karena terlalu sering disiram




EmoticonEmoticon