Cara Menanam dan Merawat Bunga Kelabat (Methi/Fenugreek)


Kelabat atau Fenugreek atau Methi seperti yang dikenal di India, adalah komoditas yang disukai yang merupakan tambahan untuk banyak makanan lezat India. Dengan Hidangan seperti ayam Khada masala Kasturi methi, methi de paratha yang terkenal, methi machi (Ikan), atau methi maas (Daging Kambing), methi sedikit lebih baik tetapi bumbu adiktif yang terkenal luas di seluruh India.

Dicampur dengan aroma yang berbeda, rasa pedas yang menawan, dan banyak manfaat bagi tubuh manusia, tanaman methi digunakan dalam berbagai bentuk.


Dari warna jingga-kuning atau kuning hingga daun keringnya yang dikenal sebagai Kasturi methi hingga bubuk yang digiling dan saag yang baru dipetik, Fenugreek memiliki ciri khas tersendiri di dunia kuliner. Dan kamu tahu apa! mudah tumbuh di rumah juga. 

Cara Menanam


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah benih. kamu tidak dapat menggunakan biji yang sama dengan yang digunakan untuk memasak karena telah diolah dengan bahan pengawet. Sekarang pembibitan lokal kamu mungkin atau mungkin tidak memiliki benih methi yang dapat dibudidayakan. Pilihan terbaik dan termudah adalah mengirimkannya dari toko online terkenal. Sekarang kamu harus memilih tempat untuk menabur benih kamu.



Fenugreek tidak tumbuh dengan baik saat ditransplantasikan, jadi pastikan wadah atau area yang akan kamu gunakan adalah yang terakhir. Untuk wadah, kamu membutuhkan setidaknya pot atau penanam 12 inci. Methi dapat melakukannya dengan baik di bawah sinar matahari penuh tetapi juga dapat beradaptasi dengan sinar matahari sebagian atau tidak langsung.

Methi sangat baik di tanah yang gembur dan dikeringkan dengan baik dan pupuk organik. Sekarang Pupuk tidak diperlukan tetapi membantu dalam pertumbuhan daun. Mereka membutuhkan setidaknya 4 jam sinar matahari dan penyiraman yang konsisten hingga tingkat 2 inci. Pastikan kamu tidak menyiramnya terlalu banyak karena tanaman fenugreek rentan terhadap busuk akar.

Sekarang fenugreek tumbuh subur di tanah yang hangat sehingga awal musim semi (Maret, April Mei) hingga musim gugur (September, Oktober, November) adalah musim yang optimal untuk menanamnya di luar.



Jika Iklimnya terlalu dingin, maka mereka akan lebih baik di dalam ruangan di lingkungan yang terkendali. kamu juga bisa merendam benih semalaman dalam air untuk meningkatkan kemungkinan perkecambahan.


Kamu dapat menabur benih dengan cara apa pun, karena mereka tidak membutuhkan jarak dan bahkan dapat tumbuh di ruang sempit dan rukun satu sama lain. Juga mereka perlu menabur setidaknya inci di bawah permukaan tanah dan tidak lebih dari inci agar mereka berhasil berkecambah.

Cara Merawat


Dan ingat bahwa mereka adalah makanan favorit burung, jadi jangan biarkan benih tergeletak di atas karena akan memberi tahu burung tentang benih yang kemudian akan menggalinya.

Saat menyiram, pastikan tanahnya lembab secara merata. Pastikan kamu telah melonggarkan tanah dengan baik dan memecah bongkahan besar tanah untuk mencegah penyimpanan air karena akan berdampak buruk pada tanaman.

Beberapa profesional bahkan menyarankan kamu menyemprotkan air dan tidak menuangkannya. kamu bahkan dapat menggunakan metode tetesan air lambat yang stabil untuk menjaga tanah tetap lembab. Fenugreek adalah penanam cepat.

Cara Memanen


Mereka siap dipanen dalam waktu 30 hari. Itu juga alasan mengapa mereka juga digunakan dalam eksperimen ilmiah tentang tanaman serta subjek penelitian untuk perkembangan baru dan yang akan datang mengenai tanaman, sistem internal mereka, dan perawatan mereka.

Jadi dalam waktu 3-4 minggu, ketika bibit sudah tumbuh setinggi 6 inci atau 140 mm, sudah bisa dipanen. Tergantung pada apa yang kamu inginkan, kamu harus memanen. Seperti misalnya jika kamu hanya membutuhkan daunnya saja, kamu bisa memotong tanaman dari batangnya atau beserta akarnya.

Untuk biji, kamu harus meninggalkan tanaman untuk membiarkannya berbunga karena polongnya akan menguning. Pastikan kamu memanen benih sebelum polong terbuka dan itu akan menjadi sinyal bagi tanaman baru untuk tumbuh. Fenugreek tidak tumbuh kembali setelah berbunga sehingga kamu harus membersihkan area tersebut sebelum menabur kembali benih sesuai kebutuhan kamu.




EmoticonEmoticon