Haji 2021 Batal Diikuti Jamaah Haji Luar Negeri Kecuali Uni Emirat?


~ (Hampir) Tak ada Negara Islam / Berpenduduk mayoritas Muslim yang diundang Haji 1442 H / 2021 TU ~

Kecuali Uni Emirat Arab (UEA). UEA menjadi satu-satunya negara Islam / berpenduduk mayoritas Muslim di antara daftar 11 negara yang penduduknya diperbolehkan masuk ke Saudi Arabia per 30 Mei 2021 TU. Sepuluh negara lainnya adalah Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, Italia, Portugal, Inggris, Swedia, Swiss, Prancis & Jepang.

Alesannya teknis medis. Karena (hampir) seluruh negara Islam / berpenduduk mayoritas Muslim saat ini belum dapat mengendalikan wabah COVID-19 di negaranya masing-masing. Meski ada juga bau-bau politis, misalnya diduga karena ke-11 negara tersebut (beserta Saudi Arabia tentunya) memilih menggunakan vaksin produk tertentu. Apapun alasannya, kebijakan Saudi Arabia sebagai sebuah negara tentu harus dihormati. 

Mari jadikan pembatalan jamaah haji Indonesia 1442 H / 2021 TU sebagai salah satu titik-ingat untuk terus mengendalikan wabah COVID-19 sesuai kemampuan kita masing-masing. Disamping terus mendorong otoritas untuk menggencarkan program vaksinasi, yg saat ini memang agak melambat.


EmoticonEmoticon