Cara Menumbuhkan Tanaman Yucca

Yucca adalah tanaman yang tergolong tanaman perdu dan tumbuh banyak diarea kering dan panas di amerika utara dan tengah, hingga kini mulai tersebar di seluruh dunia. Beberapa jenis dari Yucca memang ditumbuhkan di luar rumah dan di dalam rumah. Jenis dari tanaman yucca yang paling populer saat ini adalah Yucca Elephantipes atau Yucca Gigantea.

 


Beberapa keuntungan dari tanaman Yucca antara lain:

  • mudah tumbuh,
  • mudah dirawat,
  • umur cukup lama
  • tahan berada di tempat yang diterangi sinar matahari,

Tempat Tumbuh Yucca

Yucca seperti diungkapkan diatas, adalah tanaman yang sangat adaptif. Sebaiknya dia ditaruh dilokasi yang hangat, tidak pernah dingin lebih rendah dari 7 C. Tempatnya juga diusahakan mendapat sinar matahari secara langsung.

Media Tanam Yucca

Media tanam yang baik untuk yucca adalah kompos tanah dengan campuran pasir dan batu-batu kecil untuk memperlancar sirkulasi air. Yang paling penting, tanaman ini harus mengalami proses pergantian pot setiap dua atau tiga tahun sekali, tergantung baik buruknya media tanam.

Pot yang digunakan untuk menanam yucca juga diusahakan pot dengan kualitas baik dan cukup keras, karena tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi dan besar.

Perawatan Tanaman Yucca

Tanaman yucca akan mudah mati jika terlalu banyak atau terlalu sering di siram. Pupuk yang dibutuhkan juga bisa ditambakan dalam setiap bulannya. Bisa dalam bentuk cair ataupun padat.

Perawatan lain yang harus dilakukan adalah mengelap daun dari debu. Selain itu perawatan khusus lain jika sudah cukup besar, silakan dipotong batang dari tanaman ini sesuai tinggi yang diinginkan.

Ciri Kerusakan Tanaman Yucca

berikut adalah ciri-ciri warna daun atau batang yang menunjukkan kerusakan dari tanaman yucca dan cara mengatasinya:

  • daun menguning, sebenarnya normal khususnya di area daun paling bawah. Jika sudah waktunya mati, daun akan jatuh dengan sendirinya dan membuat tanaman Yucca ini tumbuh tinggi seperti sebuah tanaman Palem. Jika menguning di area selain bawah, bisa besar kemungkinan tanaman kurang disiram atau terlalu sering disiram
  • bintik hitam atau kecoklatan pada daun biasanya disebabkan olek bakteri dan jamur, bisa diatasi dengan semprotan fungisida
  • daun berubah coklat karena kurang disiram, bisa langsung dipotong saja karena nanti bisa tumbuh lagi
  • daun mudah rontok, biasanya karena kurang disiram
  • daun yang pucat, biasanya karena tumbuh tanpa sinar matahari penuh atau berada dibawah/dibelakang benda yang membayangi,
  • akar yang busuk, biasanya karena terlalu sering disiram



Tanda Kaktus/Succulent Mulai Kebanyakan Air + Cara Mengatasi

 

Seperti tidak banyak orang menduga, banyak yang memelihara tanaman kaktus/succulent merawat tanaman mereka seperti halnya tanaman lain misal disirami air tiap hari, pagi dan sore. Dimana hal itu adalah salah, karena 80 persen succulent atau kaktus-kaktusan ini akan cepat mati atau rusak karena terlalu sering disiram (over-watering).

Inilah tanda-tanda tanaman kaktus-kaktusan/succulent yang mengalami kerusakan karena terlalu banyak disiram:

1. warna berubah menjadi kuning atau lebih kuning dari yang semula berwarna hijau. tekstur bagian yang warna kuning ini biasanya lembut, mudah penyok atau bening.

2. warna daun mulai menjadi keriput dan bahkan sampai menjadi lebih gelap/menghitam

3. rusak seluruhnya

untuk mengatasinya, silakan lakukan hal berikut:

1. buang semua daun yang rusak atau bagian tubuh tanaman yang rusak

2. keringkan tanama selama lebih dari 2 hari

3. ganti media tanama dengan media tanam yang lebih kering, tidak menggunakan media sebelumnya

4. tempatkan di tempat yang mendapatkan sinar terang dan jangan disiram sampai tanaman bangkit lagi.

Daftar Bunga Tidak Perlu Banyak Air (Disiram)

Berikut adalah daftar bunga-bunga yang bisa tumbuh subur meskipun jarang disiram, karena sifat asli dari tanaman tersebut memang tidak banyak membutuhkan air. 

Yang pertama adalah Portulaca atau Moss Rose (mawar lumut) atau bahasa jawanya "bunga krokot"

yang kedua, Bougenvillea atau bunga bugenvil.


yang ketiga, Blanket Flower atau Gaillardia


kemudian selanjutnya, Adenium. Bahkan jika kebanyakan disiram, adenium akan membusuk atau terhambat perkembangannya.





Jangan Kecewa Dulu! Ini Bentuk Sertipikat Tanah Elektronik

Kementrian Agraria dan Tata Ruang mulai tahun 2021 akan menerbitkan sertifikat tanah elektronik. Penerapannya, dimulai dari pengumpulan, pengolahan, penyajian data dalam bentuk dokumen elektronik. Kebijakan mengejutkan dan memantik reaksi negatif dari orang kebanyakan ini sebenarnya memiliki cukup banyak sisi positif.

Sertifikat dalam bentuk elektronik itu akan memuat:

  • Nomor Identifikasi Bidang (NIB)
  • Peta/denah tanah
  • Logo Garuda
  • Tanda tangan elektronik
  • Kode unik terkait edisi penerbitan

Sertifikat tersebut juga bisa dicetak sendiri sebagai bukti.

Aplikasi resmi dari Sertifikat Tanah Elektronik ini adalah Sentuh Tanahku di Google Playstore.

Beredar Foto Mirip Dengan Niko Suami Rachel Vennya Dengan Wanita Lain

 Rumah tangga selebgram Rachel Vennya dan Niko al Hakim tampaknya masih ada dipusaran badai, setelah digugat cerai, kini beredar di dunia maya foto viral yang memperlihatkan kemesraan seorang lelaki mirip dengan suami Rachel Vennya tersebut dengan seorang wanita seksi.

Leher pria yang mirip dengan suami Rachel Vennya tersebut dirangkul oleh perempuan yang menghenakan hotpants tersebut tanpa canggung. Dalam foto tersebut tersirat tanggal kejadian diambilnya foto yaitu sekitar tanggal 12 November 2020.

Diduga perempuan tersebut oleh sebagian besar netizen adalah Eka Maysari, seorang model kenamaan ibukota. "Netijen +62 keren,"tulis admin @tante_rempong_offficial, Rabu (3/2/2021). Saat ini akun IG dari Eka Maysari pun digembok kolom komentarnya.

Bukan kali ini saja ada foto viral mirip dengan Niko Al Hakim suami Rachel Vennya. Sebelumnya pernah ada dugaan santer tentang keterlibatan model cantik Lindsey Leslie-stuart di kisruh rumah tangga selebgram papan atas Indonesia tersebut. 

Ayat Al-Quran terkait Asuransi/Dalil Quran terkait Asuransi

Ayat al-Qur’an yang mempunyai nilai praktik asuransi, antara lain : 1) Perintah Allah SWT untuk saling tolong-menolong dan bekerjasama Surat al-Maidah (5) :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya : “Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya”

Terjemah Kitab Alfiyah Ibnu Malik

Berikut adalah terjemah dari kitab Alfiyah Ibnu Malik, ditulis dan disesuaikan ulang dalam format halaman blog dari http://nahwusharaf.wordpress.com/.

المقدمة

MUQADDIMAH

قَـالَ مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ

Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki.

مُصَلِّيَاً عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى ¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ الْشَّــرَفَا

Dengan bersholawat atas Nabi terpilih dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemulyaan.
Rachel Vennya Gugat Cerai Niko Al-Hakim, Ini Faktanya!

Rachel Vennya Gugat Cerai Niko Al-Hakim, Ini Faktanya!

 Diam-diam Rachel Vennya sang youtuber terkenal ternyata sudah melayangkan gugatan cerainya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Tanggal 20 Januari 2021 kemarin adalah tanggal dimana berkas perceraian Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim tercatat.

Sidang perdana kasus perceraian Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim sudah berlangsung pada Selasa 2 Februari 2021. Pada sidang tersebut, Rachel Vennya dikabarkan tidak hadir dan diwakili oleh kuasa hukumnya. Sementara itu, Niko Al-Hakim datang langsung ke persidangan.

Terkait alasan perceraian, Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan tidak bisa mengungkapkan:

"Belum dapat kami informasikan mengenai alasannya karena ini masih proses ya, karena sidangnya pun baru sidang pertama dan masih melalui proses mediasi," kata Taslimah.

 Meskipun demikian Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim dikabarkan masih tinggal serumah.

Presiden Jokowi Perintahkan Pengetatan RT/RW

Presiden Jokowi Perintahkan Pengetatan RT/RW

 Pemberlakukan Pembatasan kegiatan Masyarakatan (PPKM) Jawa-Bali tetap dijalankan oleh Presiden Jokowi, meski sempat mengakui program tersebut tidak efektif. 

Penerapan PPKM akan diminta diperbaiki dan pembatasan akan diupayakan dilakukan di tingkat lebih mikro sampai level RT dan RW menurut Ketua Penangangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

"Arahan Bapak Presiden agar penanganan covid dilakukan secara lebih efektif dan tentu saja itu bisa dilakukan dengan optimalisasi efektivitas pembatasan kegiatan masyarakat," kata Airlangga dalam jumpa pers daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/2).

Pengetatan akan dilakukan di 98 kabupaten/kota yang saat ini menerapkan PPKM Jawa-Bali. Evaluasi juga terus dijalankan oleh pemerintah terhadap pembatasan kegiatan masyarakat tersebut.

"Saya ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan PPKM, tanggal 11-25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif," ungkap Jokowi dalam rapat daring yang disiarkan Sekretariat Presiden di Youtube, Minggu (31/1).

PPKM merupakan pembatasan yang mulai berlaku sejak 11 Januari 2021. Kebijakan ini diterapkan di Pulau Jawa dan Bali karena jadi episentrum penyebaran corona.

Beberapa pembatasan yang diberlakukan adalah perkantoran maksimal diisi 25 persen orang, sekolah di rumah, rumah ibadah maksimal 50 persen jemaah, dan pusat perbelanjaan tutup pukul 20.00.

 

Kondisi Balita Telan Koin di Magelang: Sudah Pulang dari Rumah Sakit

 RSUP dr Kariadi Semarang belum lama ini menerima pasien balita menelan koin Rp 1000  asal Magelang. Beruntung nyawa anak itu tertolong berkat kesigapan para dokter.

Awalnya balita tersebut hendak dioperasi, akan tetapi selepas dokter menanganinya dengan menggunakan kamera endoskopi dan peralatan kedokteran akhirnya koin yang menyangkut di tenggorokan dapat diambil tanpa jalan operasi.


Humas RSUP dr Kariadi Parna mengatakan, balita asal Magelang tersebut masuk ke IGD RSUP dr Kariadi, Senin (25/1/2021) sore. Selepas penanganan tersebut, balita itu sudah diizinkan pulang.

Identitas balita itu MA (3) warga Bligo, Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kondisi balita tersebut sudah membaik paska penanganan medis di RSUP dr Kariadi Semarang.

Dia menjelaskan, mendapatkan kabar dari warga terkait kejadian itu pada Minggu (24/1/2021) malam. Kemudian pada Senin (25/1/2021) mencari donasi untuk MA.

Dia mengatakan, untuk kronologi kejadian tertelannya koin ke MA tak bisa membeberkan secara rinci.

Lantaran para tetangga dan kerabat tak mengetahui kejadian secara pasti.

"Informasi di sini juga simpan siur. Ada beberapa versi kejadian. Mereka takut memberikan keterangan takutnya malah salah. Sebab yang tahu pasti bocah itu sendiri," bebernya.

Kategori

Kategori